Thursday 10 September 2015

Silent Reader


Silent reader ???!
cr : Rudi

Silent Reader jika di artikan dari segi bahasa yaitu pembaca yang diam. Akan tetapi bukan berarti diam disini dia bacanya mesti dalam hati. Silent Reader di dunia nyata dan maya tidak bisa disamakan. Kalau di dunia nyata mungkin Silent Reader adalah seorang pembaca yang memang benar -benar diam/ membaca dalam hati. Tapi kalau didunia internet Silent Reader adalah pembaca blog yang sama senang sedang berkunjungke blog tersebut tapi tanpa meninggalakan jejak apapun, baik berupa komentar, saran maupun kritik.

Silent Reader hampir mirip dengan anonymous, misterius dan tidak menampakkan identitas. Akan tetapi berbeda dengan anonymous, silent reader terkesan pasif, tidak menampakan wujud barang sekatapun dalam mengapresiasi suatu tulisan. Akan tetapi anonymous sering bersifat agresif, meluncurkan spam, cacian bahkan sekedar pujian yang terkadang tidak nyambung dengan konteks bacaan. *sungguh menyedihkan*

Sebagai penulis suatu blog, berbeda dengan sebagai penulis buku di dunia nyata. Tentukita ingin tau siapa saja yang membaca tulisan kita dan hampir semua penulis pasti akan merasa gembira bila artikel yang di tulis ia tulis di baca orang. Karena memang itulah tujuan semua orang penulis.

Kebanyakan penulis punya perasaan yang sama. Semakin banyak yang membaca tulisannya, semakin senaglah hati. Bila ada yang berkomentar kesenangan itu semakin bertambah. Lalu saat ada yang mengapresiasikan apa yang di sampaikan melalui pujian,walau mungkin sekedar basa - basi. Maka kebahagian itupun mencapai puncaknya. Terakhir saat ada pembaca yang memberi vote, maka di hati hanya ada satu kata, yaitu *Sempurna*

Bagi penulis pemula seperti saya ini ( Arti Coretanku ) tidak bisa dielakkan dengan jumlah pembaca, komentar dan vote menjadisemacam suplemen untukterus semangat berkarya. Apalagi bila komentar itu datang dari penulis yang menjadi favorit kita. Atau penulis yang sudah punya nama besar.

Tapi terkadang, tulisan kita semakin hari semakin banyak. Tentu nyaris tak mungkin untuk mengetahui siapa saja yang telah membaca artikel yang kita tulis. Satu - satu jalan untuk tahu si pembaca hanyalah dari komentar yang ia tinggalakan. Bila si pembaca tak berkomentar jadilah sosok yang disebut Silent Reader.

Alasan orang menjadi Silent Reader tentu bermacam - macam. Saya pun pernah menjadi Silent Reader. Bisa jadi karena ia tak punya akun di blogger atau wordpress itu, tidak tau mau komentar apa *bingung karena topiknya berat*, merasa tak cukup penting untuk berkomentar, artikel kita kurang menarik untuk dikomentari, sudah terlalu banyak komentar di artikelatau komentar yang ingin ia sampaikan telah ada yang mewakilinya. Dan berbagai alasan pribadi lainnya. Yang sering menjadi alasan saya adalah saya karena tidak mengerti dengan topik tulisan.

Pembaca yang memilih menjadi Silent Reader biasanya karena mereka menganggap cukuplah menjadi penikmat atau kadang - kadang jadi pengamat. Alasannya lebih aman dan nyaman. Apalagi kadang tanpa sengaja kita terjebak untuk berkomentar salah. Atau dibuat salah oleh pemilik tulisan. Ingat ! Tulisan yang telah dipublish bisa di edit ulang oleh pemiliknya menjadi berubah sama sekali, sedang komentar kita tidak. Bahkan saat komentar ter-submit, kita hanya bisa pasrah. Menghapusnya pun sudah tak bisa, itulah juga alasan orang menjadi Silent Reader.

The last, silent reader itu benar - benar nyata, so sebagai blogger, kita tak mesti khawatir bila tulisan kita tak mendapat apresiasi berupa komentar ataupun kritikan. Ada silent reader yang menjadi secret admirer bagi blog sobat. Dan juga, menjadi silent reader adalah suatu pilihan ketika sobat bingung dalam menuliskan suatu komentar ataupun apresiasi lainnya. Demi menghindari kesalahpahaman antara isi tulisan dan komentar mereka pun menjadi Silent Reader. Mereka ada, mereka nyata, dan mereka biasanya pembaca yang Loyal. So, apakah di blog sobat ada juga Silent Reader ? Bagaimana opini sobat tentang keberadaan silent reader ini ?

nih, hadiah buat kalian karena sudah membaca post ku ini XD *image from GOOGLE*





Don't Silent Readers!!!

No comments:

Post a Comment